IKNBISNIS.COM, BALIKPAPAN-Kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) diprediksi akan meningkat.

Seiring dengan meningkatnya mobilitas masyarakat. Sebagai rantai pasok penyediaan BBM di Indonesia, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan akan tetap beroperasi secara optimal.

Hal ini disampaikan Pjs Area Manager Communication Relations & CSR PT KPI Unit Balikpapan Lifania Riski Nugrahani dalam siaran pers yang disampaikan, Selasa (26/12/2023).

“Menyambut periode Nataru, Kilang Balikpapan tetap akan beroperasi. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, kami juga telah mempersiapkan diri.

Pengaturan telah dilakukan baik dari sisi pengelolaan crude sebagai bahan bakunya, peralatan dan juga sumber daya manusianya serta memastikan produk yang dihasilkan dari kilang dapat tersalurkan hingga titik serah di Pertamina Patra Niaga,” kata Lifania.

Menurut Lifania, untuk memastikan kilang dapat beroperasi aspek kehandalan menjadi hal yang sangat penting untuk dipertahankan.

Sepanjang periode Januari sampai akhir November 2023, Kilang Balikpapan telah berhasil menjaga kehandalan kilangnya.

Salah satunya ditandai dengan minimnya Unplanned Shutdown.

Pada periode tersebut, Kilang Balikpapan telah mengolah minyak mentah sebanyak 85,4 juta barrel.

Meningkat 21 persen dibandingkan tahun lalu untuk periode yang sama. Sampai akhir tahun nanti, Kilang Balikpapan diharapkan dapat mengolah hingga sekitar 89,3 juta barrel.

Lifania juga menjelaskan bahwa memastikan ketersediaan BBM selama Nataru merupakan salah satu bentuk sinergi Pertamina Group.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *