Peserta UKW angkatan ke 35 PWI Kaltim kerja sama Diskominfo Samarinda mengabadikan momen foto bersama para penguji usai menyelesaikan ujian (foto: iknbisnis.com/ist)

IKNBISNIS.COM, SAMARINDA-Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Timur (Kaltim) cetak wartawan berkompeten jenjang Muda dan Madya melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-35 yang berlangsung di kafe Bagios Samarinda, 26-27 Juni 2024.

Hasil kolaborasi dengan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Samarinda.

UKW diikuti 18 peserta terdiri 12 peserta UKW jenjang Muda dan enam peserta UKW jenjang Madya.

Seluruh peserta dinyatakan lulus dan kompeten.

Ketua PWI Kaltim Abdurahman Amin menyampaikan, UKW bukanlah sebuah akhir dari proses profesional atau tidaknya seorang jurnalis, melainkan menjadi titik awal sebuah perjalanan.

“Nah ketika sudah mengantongi sertifikat UKW otomatis semua tingkah laku, semua karya itu diawasi oleh yang namanya kode etik,” ucap Abdurahman Amin saat menutup secara resmi kegiatan, Kamis (27/6/2024).

Dalam kesempatan tersebut, dia menekankan pentingnya seorang wartawan menjaga Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dalam menjalankan tugasnya.

“Materi (uji kompetensi jenjang) Muda, Madya dan Utama itu kan yang paling ditekankan membedakan (seseorang) sebagai wartawan yang menghasilkan berita sebagai produk pers, dengan kerja media sosial,” imbuhnya.

Sehingga, dengan dilaksanakannya UKW, selain menguji kemampuan intelektual wartawan juga untuk melihat etika dalam bekerja. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *