IKNBISNIS, BALIKPAPAN-Sejak aktif 1 April 2023 pelaksanaan Satuan Tugas (Satgas) Ramadan dan Idul Fitri (Rafi) Pertamina resmi berakhir 2 Mei 2023.

Satgas Rafi bertujuan untuk menyediakan dan melayani serta menjamin kelancaran distribusi energi bagi masyarakat.

Dalam keterangan tertulis yang disampaikan, Jumat (5/5/2023), Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Regional Kalimantan Arya Yusa Dwicandra mengatakan pasokan dan penyaluran energi meliputi Bahan Bakar Minyak (BBM), elpiji dan Avtur kepada masyarakat dan industri berjalan aman serta mencukupi.

Keberhasilan Satgas Rafi tahun ini didukung sinergi dan kolaborasi dari berbagai pihak antara lain pemerintah provinsi, pemerintah daerah, Polri, TNI, media, Hiswana Migas dan pihak terkait lainnya.

“Berdasarkan laporan akhir Satgas Rafi 2023, di Kalimantan secara keseluruhan konsumsi bahan bakar pertalite dan pertamax mengalami peningkatan sebesar 3,6 persen.

Sedangkan konsumsi bahan bakar dexlite dan Pertamina Dex mengalami penurunan sebesar 5,1 persen dari realisasi periode Maret 2023,” jelas Arya.

Adapun untuk konsumsi elpiji mengalami peningkatan sebesar 0,7 persen dari realisasi periode Maret 2023. Sementara untuk avtur mengalami peningkatan sebesar 6,4 persen.

Saat puncak arus mudik Lebaran Idulfitri tahun 2023 yakni 19 April 2023 atau H-3 Lebaran, permintaan bensin meningkat hingga 35,3 persen dari konsumsi normal dan untuk BBM untuk kendaraan diesel meningkat hingga 2 persen dari konsumsi normal, puncaknya 17 April 2023.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *