Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud pantau hilal di Menara Masjid BIC (iknbisnis.com/yandri)

IKNBISNIS.COM, BALIKPAPAN-Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud menghadiri Rukyatul Hilal penentuan 1 Syawal 1445 Hijriah tahun 2024 Masehi yang diselenggarakan Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan di Menara Balikpapan Islamic Center (BIC), Selasa (9/4/2024).

“Kegiatan hari ini sebagai upaya pemberian data dan masukan yang lengkap tentang Rukyatul Hilal secara khusus di Kota Balikpapan,” kata Rahmad Mas’ud dalam sambutannya.

Dia mengatakan momentum ini dapat dijadikan sebagai pedoman resmi yang bisa menentramkan masyarakat menghadapi perbedaan Idulfitri.

Rukyatul Hilal merupakan salah satu tradisi penting dalam islam untuk menentukan awal bulan Ramadan dan Syawal.

Rahmad Mas’ud mengajak kepada seluruh umat islam di Kota Balikpapan untuk tetap menjaga ukuwah dan persaudaraan, meskipun terdapat perbedaan dalam tata cara penetapan awal Ramadan maupun Syawal.

Terpisah, Kepala Stasiun Geofisika Kelas III Kota Balikpapan Rasmid menuturkan hasil pengamatan Hilal di Balikpapan sampai pukul 18.46 WITA tidak dapat mengobservasi.

Hal tersebut dikarenakan kondisi cuaca yang tertutup awan tebal sehingga tidak bisa teramati walaupun ketinggian bulan ataupun ketinggian hilal sudah jauh di atas rata-rata, yakni 6.3 derajat dan elongasi 7,94 derajat.

“Sebenarnya bisa diobservasi namun karena cuaca tidak memungkinkan jadi sore ini tidak bisa teramati Hilal di Kota Balikpapan,” ucapnya.

Rasmid menyampaikan meskipun di Balikpapan tidak terobservasi, namun salah satu kota sudah ada informasi Hilal yang sudah teramati yakni di Manado.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *