Pegadaian dan Fairbanc teken kerja sama (foto:iknbisnis.com/ist)

IKNBISNIS.COM, BALIKPAPAN-PT Pegadaian menjalin kerja sama dengan PT Fairbanc Technologies Indonesia.

Yakni perusahaan rintisan bertenaga Artificial Intelligence (AI) alias kecerdasan buatan yang akan memberikan rekomendasi pengguna layanan Enterprise Resource Planning (ERP) Fairbanc untuk menggunakan produk Pinjaman Modal Produktif (Invoice Financing) Pegadaian.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan kesepakatan strategis antara Chief of Transformation Office PT Pegadaian Mulyono dan President Director of Fairbanc Technologies Indonesia Mir Haque tentang penggunaan jasa layanan ERP platform Digital Fairbanc untuk rekomendasi calon nasabah Produk Pinjaman Modal Produktif.

Perjanjian kerja sama diteken, Jumat (1/3/1014).

Dalam siaran pers yang disampaikan, Rabu (6/3/2024), Mulyono menyampaikan, kerja sama ini merupakan bentuk transformasi Pegadaian sektor digital lending.

Yakni produk pendanaan bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) dengan jaminan surat tagihan (invoice).

“Melalui kerja sama ini kami harap dapat membantu mendapatkan nasabah yang terpercaya untuk meminimalisir terjadinya gagal bayar.

Selain itu, kolaborasi ini akan mengubah tantangan menjadi peluang untuk mewujudkan visi bersama, yaitu mendukung inklusi keuangan di Indonesia,” jelas Mulyono.

Dijelaskan, dalam prakteknya Fairbanc akan melakukan monitoring pinjaman dan transaksi nasabah, sehingga memungkinkan transaksi nasabah yang telah direkomendasikan dapat berjalan dengan lancar.

“Kami menyambut baik kerja sama ini, dengan harapan dapat membentuk ekosistem. Yakni para pelaku usaha bisa mendapatkan kredit dengan mudah dan nyaman untuk pembelian produk retail bernilai tinggi,” ujar Mir Haque.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *