(ki-ka) Komisaris Utama Telkom Indonesia Bambang Brodjonegoro, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dan Dirut Telkom Indonesia Ririek Ardiansyah saat meresmikan Neu Centrix Sepaku, Kamis (18/8/2022) (foto:iknbisnis.com/chandra)

IKNBISNIS.COM, PENAJAM-PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) resmikan data center neuCentrIX Sepaku dan Desa Digital di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kamis (18/8/2022). Untuk mendukung percepatan pengembangan kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) khususnya aspek teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Lebih dari itu, untuk mencegah terjadinya kesenjangan digital bagi masyarakat sekitar IKN.

neuCentrIX merupakan data center yang terhubung dengan jaringan Telkom dan operator lainnya, baik domestik maupun global yang diklaim mampu memenuhi kebutuhan internet berkecepatan tinggi dan akses produk digital guna mendukung perkembangan bisnis masa depan. Khusus neuCentrIX Sepaku merupakan micro edge data center untuk mendukung pengembangan ekosistem digital di kawasan IKN. Dan menjadi bagian dari ekosistem data center nasional yang tersebar menjadi tujuh klaster di Indonesia.

Direktur Network and IT Solutions Telkom Indonesia Herlan Wijanarko menyampaikan bahwa Telkom Group akan mendukung IKN dengan menyiapkan komponen yang dibutuhkan dan mengadopsi berbagai teknologi mutakhir. “Data center Sepaku nantinya akan terintegrasi dengan seluruh ekosistem Data Center Telkom Group seluruh tanah air dan luar negeri,” paparnya.

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah optimis dapat mendukung terwujudnya IKN sebagai kota cerdas terhubung langsung melalui jaringan serat optik kecepatan tinggi ke internet global melalui gateway Batam dan Manado serta ke seluruh ibu kota provinsi dan kabupaten dan kota. “IKN juga kami yakini menjadi percontohan bagi pengembangan kota-kota lainnya di seluruh Indonesia,” ujarnya.

PENULIS :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *