Asisten Manager Operasional Pelindo Balikpapan Nur Muhammad (kanan) saat memantau aktivitas di terminal penumpang melalui CCTV dari Posko Mudik (foto:iknbisnis.com/chandra)

IKNBISNIS.COM, BALIKPAPAN-Padatnya jumlah penumpang edisi mudik Lebaran termasuk di Pelabuhan Semayang mendorong PT Pelindo (Persero) Regional 4 cabang Balikpapan selaku pengelola melakukan berbagai penambahan fasilitas di terminal penumpang.

Tidak lain untuk menambah kenyamanan pengguna jasa. Lebih dari itu, optimalisasi tersebut bagian dari peningkatan pelayanan.

Asisten Manager Operasional Pelindo Balikpapan Nur Muhammad mengatakan, penambahan fasilitas dilakukan jauh sebelum periode mudik Lebaran tiba.

Dimulai dengan menambah jumlah toilet. “Ada delapan toilet yang kami tambahkan,” ucapnya ditemui di posko mudik Pelabuhan Semayang, Senin (10/4/2023).

Masing-masing ditempatkan di luar gedung terminal. Itu untuk memudahkan calon penumpang mengakses fasilitas tersebut.

“Jadi calon penumpang yang di luar ruang tunggu tetap bisa mengaksesnya,” sahutnya.

Ya, umumnya calon penumpang di Pelabuhan Semayang tiba lebih dulu sebelum kapal tiba. Di antaranya bahkan tiba di pelabuhan sehari sebelumnya.

Sementara ruang tunggu keberangkatan baru akan dibuka tiga jam sebelum kapal tiba. Praktis calon penumpang yang lebih dulu tiba akan menempati area luar gedung terminal.

Itu pun tidak luput dari perhatiannya. Karenanya disediakan tiga buah tenda untuk kenyamanan calon penumpang yang menunggu di luar gedung.

Tak sekadar menambah jumlah toilet, perlengkapan di tiap bilik juga dipenuhi. Seperti menempatkan rak untuk memudahkan calon penumpang yang membawa barang bawaan.

Tidak ketinggalan kehadiran petugas kebersihan yang juga ditambah agar kenyamanan setiap calon penumpang terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *