Irjen Kemenkumham RI Ir Razilu MSi CGCAE (tengah) bersama Kakanwil Kaltim dan Kaltara Sofyan saat kunjungan ke Kantor Imigrasi Kelas I TPI Balikpapan (foto:iknbisnis.com/chandra)

IKNBISNIS.COM, BALIKPAPAN-Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI Ir Razilu MSi CGCAE melakukan penguatan melalui program unggulan yakni Gerbang Transisi saat kunjungan kerja ke Kaltim.

Dalam rangka mewujudkan resolusi Kemenkumham tahun 2023. Berupa Kemenkumham semakin pasti dan berakhlak dengan cara kerja cepat, tepat iklas dan hasil yang akuntabel.

Kunjungannya ke Kaltim diawali dengan memberikan penguatan bagi pelaku UMKM Samarinda, Senin (6/1/2023). Dalam kesempatan tersebut dia mendorong pelaku usaha untuk mendaftarkan hak kekayaan intelektual (Haki) atas produknya agar dengan memudahkan memenangkan persaingan dengan aman dan nyaman.

Dilanjutkan dengan memberi kuliah umum di Universitas Mulawarman dalam rangka sinergi dan optimalisasi universitas berbasis riset untuk menghasilkan berbagai hak paten dan hak cipta.

Penguatan berikutnya menyasar insan Kemenkumham RI di Lapas Kelas II Samarinda dan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Balikpapan.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kaltim dan Kaltara Sofyan turut hadir mendampingi dalam kunjungan tersebut.

“Kami ingin melihat beberapa sisi pelaksanaan pekerjaan seluruh insan Kemenkumham, kalau ada hal yang perlu diperbaiki. Termasuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan kondusif,” terang Razilu ditemui di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Balikpapan, Selasa (8/2/2023).

Hasilnya, pelayanan yang diberikan dinilai optimal. Di Kantor Imigrasi misalnya, ada layanan jemput bola untuk pemohon pasport di atas 50 orang melalui Easy Pasport.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *